LAPORAN PRAKERIN
SMK WALISONGO MENES
DI SUSUN OLEH :
NAMA : JAHRUDI
NIS :
NIS :
BID,STUDY : OTOMOTIF
SMK WALISONGO MENES
LEMBAR PENGESAHAN
SMK WALISONGO MENES
MENES .. JANUARI 2013
Penguji I Pembimbing II
KOORDINATOR PEMBIMBING
MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
SMK WALISONGO MENES
Ir.enci
zarkasih,m.pd
LEMBAR PENGESAHAN
SMK WALISONGO MENES
MENES .. JANUARI 2013
Di setujui :
Pembimbing I pembimbing
II
SMK Walisongo Menes Perusahaan
Iis isroh,s.sos.i Ahmad Romli
Mengetahui
KEPALA STM WZM direktur perusahaan
Ir.Enci Zarkasih M,Pd
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatan khadirat allah
swt, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya , sehingga dapat
menyelesaikan laporan praktek ini.
Adapun laporan praktek kerja
industry (PRAKERIN) ini adalah untuk memenuhi syarat yg telah ditetapkan dan
wajib dilaksanakan sebagai salah satu persyaratan kelulusan di SMK WALISONGO
MENES PANDEGLANG.
Dalam menyelesaikan laporan praktek kerja
industry (PRAKERIN) ini, saya tidak terlepas dari hambatan serta kesulitan,
namun alhamdulilah atas petunjuk dan bimbingan dan bantuan berbagai pihak
sehingga pada kesempatan ini dengan segala kerendahan hati saya ingin
mengucapkan banyak terima kasih yg tak terhingga kepada :
1.Bapak Ir.Enci Zarkasih M.pd selaku kepala sekolah SMK
WALISONGO MENES
2.Bapak Dimyati,ST,M,MT selaku waka hubinmas PRAKERIN
3.Bapak H.Supriatna/H.gope selaku direktur FARREL MOTOR
4.Bapak Arsad selaku staff sekaligus pembimbing di FARREL
MOTOR
5.kepada orang tua saya yang
telah membiayai sekolah dan memberikan inovasi baik moral maupun materil
Saya menyadari dalam pembuatan laporan praktek
kerja industry (PRAKERIN) ini masih jauh dari kesempurnaan, karena itu saya
mengharapkan kritik saran yang bersifat membangun.
Harapan saya sebagai penulis sebagai laporan praktek kerja industry
(PRAKERIN) ini dapat berguna bagi saya dan juga pihak yang membutuhkannya.
Menes,06 januari 2013
jahrudi
DAFTAR ISI
LEMBAR PERSETUJUAN PRAKERIN
LEMBAR PENGESAHAN PRAKERIN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 latar
belakang
1.2 tujuan laporan praktek
industri
1.3 lokasi dan
waktu pelaksanaan
BAB II DATA MANAJEMEN
2.1sejarah perusahaan
2.2 bidang usaha
BAB
III PROSES PRODUKSI/JASA
3.1 proses pengerjaan
3.2bahan/alat
3.3 kesimpulan
BAB IV
PENUTUP
4.1 kesimpulan
4.2 saran
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Praktek kerja industry (PRAKERIN) adalah wajib, bagi kita seluruh
siswa/siswi SMK /STM sesuai dengan keputusan
·
Manteri DEPDIKNAS
·
Manteri DEPERIDAG
·
Manteri DEPNAKER
·
Meliputi dasar hukum
pancasila dan GBHN 1993 seluruh siswa /siswi SMK dituntut melaksanakan praktek
kerja industry (PRAKERIN) dalam rangka peningkatan mutu kelulusan SMK/STM
1.2 Tujuan praktek kerja
industry (PRAKERIN)
1.M kemampuan yang sudah di terapkan d sekolah
Menambah
pengalaman di bidang industry
Sebagayinovasi di bidang perbengkelan
2.Menambah wawasan keilmuan dan keterampilan bekerja
dan dalam bidang otomotif
3.Sebagai aplikasi dan pembandingan teoritas dan peraktis
tentang otomotif
4.Menjalani kerja
sama antara sekolah dan dunia
usaha atau industry dan kerja sama antara dan provinsi
1.3 Lokasi dan pelaksanaan dan waktu pelaksanaan
(PRAKERIN)
a. PRAKERIN berlokasi di jalan raya Labuan-pandeglang
b. Waktu pelaksanaan PRAKERIN di laksanakan
pada tanggal 06 janwari s/d 04
maret 2013
waktu kerja masuk 08.00 s/d 17.00 wib
c. Apabila ada
ketinggalan /terlambat masuk masuk akan di kenekan sanksi yaitu memanggil
orang tua wali siswa tersebut dan langsung di keluarkan dari PT
tersebut
BAB II
2.1 Sejarah
perusahaan
Pertumbuhan
ekonomi dari tahun ke tahun semakin meningkat begitu pula pola kehidupan pun di
masyarakat terus meningkat, yang diikuti oleh perkembangan teknologi semakin
maju tidak ketinggalan pula kemajuan, di dunia kendaraan bermotor atau otomotif semakin berkembang dan perlu
perawatan yang di signifikan mulai dari perawatan yang di anggap kecil sampai
perbaikan besar ,
Dengan
melihat perkembangan di atas khusus nya di kawasan Labuan di bidang otomotif
terasa semakin signifikan , majunya tetapi kurang di ikuti oleh kemajuan di
bidang perawatan dan perbaikannya, maka FARREL MOTOR mendirikan perbaikan dan
perawatan otomotif FARREL MOTOR mulai dirintis pada akhir 13 februari 2005.
2.2 Bidang usaha
FARREL MOTOR bergerak dibidang
perbengkelan dan penjualan spare part.
2.3 Struktur Organisai
STRUKTUR BENGKEL
BENGKEL MAJU JAYA MOTOR
LINAWATI HALIM
KEPALA BENGKEL
|
SEVICE ADVISTOR
|
ANA LESTARI
SPEARPART COUNTER
|
BAB III
Proses produk/jasa
Proses pengerjaan
Dalam proses
pengerjaan kita perlu yang mengetahui yang di butuhkan ketika kita sedang
mengerjakan , dan kerja sama yang paling di bituhkan dalam bekerja
1.
Pelepasan roda belakang
motor revo pada hari senin,06 januari
2013
a.
ALAT yang di butuhkan :
·
Kunci ring 19 mm
·
Kunci T 14 mm
·
Kunci T 10 mm
b.
Cara melepasnya :
·
Posisikan motor pada
standar tengah /standar (2)
·
Lepaskan mur as roda dengan
menggunakan kunci ring 19 mm
·
Lepaskan mur panel dengan
menggunakan kunci T 14 mm
·
Lepaskan tangkai rem dengan
menggunakan kunci T 14 mm
·
Lepas kan mur penyetel rem
dengan menggunakan kunci T 10 mm
·
Oleskan gemuk ke permukaan
bearing
·
Dorong roda belakang ke
depan lalu lepaskan rantai roda dan gear belakang
·
Tarik kea rah belakang dan
lepaskan
2.
Ganti oli motor balade pada hari selasa ,07 januari
2013
a.
Bahan-bahan
·
Oli AHM oil MPXl sae low-30
b.
Alat yang di butuhkan
·
Kunci shock 17
·
Tang
·
Kompresor
·
Ember tempat oli
·
Corong
c. Cara mengganti
·
Posisikan motor pada
standar tengah/standar (2)
·
Buka baud oli dengan
menggunakan kunci shock 17 mm
·
Tunggu oli sampai keluar
(abis)
·
Buka tangkai pengukur oli
dengan menggunakan tang
·
Semprot oli denngan menggunakan kompresor
·
Pasang baud oli kembali
dengan menggunakan kunci shock 17 mm
·
Tuangkan oli dengan
menggunakan corong
·
Pasang kembali tangal
pengukur oli dengan menggunakan tang
·
Panaskan mesin dan motor
siap di pakai
3. Membersihkan filter udara
motor vario pada hari rabu 08 januari 2013
a.
Alat yang di butuhkan
·
Kunci T 10 mm
·
Obeng plus (+)
·
Kompresor
b. Cara membuka dan
membersihkannya
·
Posisikan motor pada
standar tengah / standar (2)
·
Buka kedua baud dengan
menggunakan kunci T 10 mm
·
Lepaskan filter udara dari
sepeda motor
·
Buka ke empat baud filter
udara dari sepeda motor dengan menggunakan obeng plus (+)
·
Buka filter udara dan
bersihkan dengan menggunakan kompresor
·
Pasang kembali filter udara
·
Pasang keempat baud dengan
menggunakan obeng plus (+)
·
Pasang kembali filter udara
ketempat semula
4. Mengganti bearing depan
motor supra pada hari kamis 09
januari 2013
a.
Bahan - bahan :
·
Bearing baru
·
Greas/gemuk
b.
Alat yang di butuhkan
·
Kunci ring 17 mm
·
Palu
·
As
c.
Cara menggantinya :
·
Posisikan motor pada
standard tengah /standar (2)
·
Lepaskan mur poros/as roda
dengan menggunakan kuci ring 17 mm
·
Lepaskan as roda
·
Lepaskan roda depan dari
sepeda motor
·
Lepaskan bearing yang mau
dig anti dengan menggunakan as roda dan palu
·
Oleskan gemuk ke permukaan
bearing
·
Pasangkan bearing baru
dengan menggunakan palu
·
Pasang kembali roda dan as
rodanya
·
Pasang kembali mur as roda
dengan menggunakan kunci ring 17 mm
5.
Stel klep pada hari jum’at 10 januari 2013
a.
Alat yang di butuhkan
·
Kunci ring 17 mm
·
Kunci ring 9 mm
·
Kunci stelan klep
b.
Cara menyetelnya
·
Posisikan motor pada
standar tengah /standar 2
·
Buka kedua tutup lubang
penyetel klep dengan menggunakan kunvi ring 17 mm
·
Stel kedua klep dengan
menggunakan kunci penyetel dan kunci ring 9 mm
·
Jika sudah tutup kembali
kedua tutup lubang penyetel klep dengan menggunakan kunci 17 ring
·
Test
6. Ganti kanvas rem motor
pada hari sabtu 11 januari 2013
a.
Bahan-bahan
·
Kanvas rem baru
b.
Alat yang di butuhkan
·
Kunci ring 17 mm
·
Kunci T 14 mm
c.
Cara menggantinya
·
Posisikan motor pada
standar tengah/standar (2)
·
Buka mur poros/as roda
dengan menggunakan kunci ring 17 mm
·
Lepaskan tangkai rem dengan
menggunakan kunci T 14 mm
·
Lepaskan as roda
·
Lepaskan roda dari sepeda
motor
·
Ganti kanvas rem dengan
yang baru
·
Pasang kembali roda dan as
roda ke sepeda motor
·
Pasang kembali tangkai rem
dengan menggunakan kunci T 14 mm
·
Pasang mur as roda dengan
menggunakan kunci ring 17 mm
7. Ganti Rantai Pada Hari Minggu 12 Januari 2013
a.
Bahan-bahan
·
Rantai baru
b.
Alat yang di gunakan
·
Tang
c.
Cara menggantinya
·
Posisikan sepeda motor pada
standar tengah/standar (2)
·
Buka kancing rantai dengan
menggunakan tang
·
Lepaskan rantai pada sepeda
motor
·
Pasang rantai baru
·
Pasang kancing rantai baru
dengan menggunakan tang
·
Dan motor siap di pakai
kembali
BAB IV
PENUTUP
4.1. kesmpulan
Dalam kegiatan praktek kerja industri (prakerin) ini penulis
menyelesaikan sebuah laporan tidak akan lepas dari segala kekurangan dan tidak
terlepas dari suatu tanggung jawab terhadap laporan ini salah satu syarat guna
menyelesaikan pendidikan akhir di sebuah lembaga pendidikan smk walisongo menes
pandeglang.
Penulis akhirnya menarik kesimpulan dari praktek kerja
lapangan ini terdiri dari penulis mendapatkan berbagai pengalaman dan ilmu dari
psg maupun dari apa yang telah dipelajari dari sekolah.
Oleh karna itu praktek kerja industry (prakerin) adalah
salah satu bentuk yang harus di jalankan di setiap lembaga pendidikan khususnya
di sekolah menengah kejuruan (smk), karena banyak mendapatkan wawasan dan
membuat siwa-siswi bias mandiri kelak setetlah keluar dari sekolah.
4.2. saran-saran
a. dalam praktek kerja industri (prakerin) dating penulis
berharap bahwa seluruh siswa-siswi yang mau melaksanakan praktek kerja industri
(prakerin) terlebih dahulu di bekali oleh setiap sekolah yang berkaitan dengan
apa yang di pelajari nanti.
b.semoga laporan ini dapat di gunakan sebagai mana mestinya
untuk adik-adik nanti dan sebagai penambah khasanah perpustakaan smk walisongo
menes pandeglang.
c.tidak ada gading yang retak, dalam penyusun laporan ini
penulis dapat merasa banyak kekurangan maka penulis sangat berharap kritik dan
saran dari pembaca ataupun dari pihak lainya.
semogha bermanfaat yha sob :)
ex : netc wzm satoe_sembilansembilan
http://bonetxtm.blogspot.com/feeds/posts/default
http://jahrudi.blogspot.com/
http://jahrudi.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar