Senin, 15 April 2013

laporan pkl:

LAPORAN PRAKERIN
SMK WALISONGO MENES







 


DI SUSUN OLEH :
 NAMA             : JAHRUDI    
 NIS                  :
 BID,STUDY    : OTOMOTIF


SMK WALISONGO MENES




LEMBAR PENGESAHAN
SMK WALISONGO MENES
MENES .. JANUARI 2013

                 Penguji I                             Pembimbing II

    KOORDINATOR                            PEMBIMBING



MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH
SMK WALISONGO MENES


Ir.enci zarkasih,m.pd
  





LEMBAR PENGESAHAN
SMK WALISONGO MENES
MENES .. JANUARI 2013

Di setujui :

Pembimbing I                          pembimbing II
SMK Walisongo Menes          Perusahaan



Iis isroh,s.sos.i                   Ahmad Romli

                      Mengetahui




 
KEPALA STM WZM            direktur perusahaan                                                                  


Ir.Enci Zarkasih M,Pd                       





KATA PENGANTAR

     Puji syukur saya panjatan khadirat allah swt, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya , sehingga dapat menyelesaikan laporan praktek ini.
Adapun laporan praktek kerja industry (PRAKERIN) ini adalah untuk memenuhi syarat yg telah ditetapkan dan wajib dilaksanakan sebagai salah satu persyaratan kelulusan di SMK WALISONGO MENES PANDEGLANG.
    Dalam menyelesaikan laporan praktek kerja industry (PRAKERIN) ini, saya tidak terlepas dari hambatan serta kesulitan, namun alhamdulilah atas petunjuk dan bimbingan dan bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini dengan segala kerendahan hati saya ingin mengucapkan banyak terima kasih yg tak terhingga kepada :
1.Bapak Ir.Enci Zarkasih M.pd selaku kepala sekolah SMK WALISONGO MENES
2.Bapak Dimyati,ST,M,MT selaku waka hubinmas PRAKERIN
3.Bapak H.Supriatna/H.gope selaku direktur FARREL MOTOR
4.Bapak Arsad selaku staff sekaligus pembimbing di FARREL MOTOR
5.kepada orang tua saya yang telah membiayai sekolah dan memberikan inovasi baik moral maupun materil
 Saya menyadari dalam pembuatan laporan praktek kerja industry (PRAKERIN) ini masih jauh dari kesempurnaan, karena itu saya mengharapkan kritik saran yang bersifat membangun.
  Harapan saya sebagai penulis sebagai laporan praktek kerja industry (PRAKERIN) ini dapat berguna bagi saya dan juga pihak yang membutuhkannya.



                                                                                                                            Menes,06 januari 2013


                                                                                                                                       jahrudi




DAFTAR ISI

LEMBAR PERSETUJUAN PRAKERIN
LEMBAR PENGESAHAN PRAKERIN       
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 latar belakang
1.2 tujuan laporan praktek industri
1.3 lokasi dan waktu pelaksanaan
BAB II DATA MANAJEMEN
2.1sejarah perusahaan
2.2 bidang usaha
BAB III PROSES PRODUKSI/JASA
3.1 proses pengerjaan
3.2bahan/alat
3.3 kesimpulan
BAB IV  PENUTUP
4.1 kesimpulan
4.2 saran  








BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar belakang
Praktek kerja industry (PRAKERIN) adalah wajib, bagi kita seluruh siswa/siswi SMK /STM sesuai dengan keputusan
·         Manteri DEPDIKNAS
·         Manteri DEPERIDAG
·         Manteri DEPNAKER
·         Meliputi dasar hukum pancasila dan GBHN 1993 seluruh siswa /siswi SMK dituntut melaksanakan praktek kerja industry (PRAKERIN) dalam rangka peningkatan mutu kelulusan SMK/STM
1.2   Tujuan praktek kerja industry (PRAKERIN)
1.M kemampuan yang sudah di terapkan d sekolah
    Menambah pengalaman di bidang industry
    Sebagayinovasi di bidang perbengkelan
2.Menambah wawasan keilmuan dan keterampilan bekerja dan  dalam bidang otomotif
3.Sebagai  aplikasi dan pembandingan teoritas  dan peraktis  tentang otomotif
4.Menjalani kerja  sama antara sekolah dan dunia  usaha atau industry dan kerja sama antara                                                                                                                                       dan provinsi
1.3  Lokasi dan pelaksanaan dan waktu pelaksanaan (PRAKERIN)
 a. PRAKERIN berlokasi di jalan raya Labuan-pandeglang
 b. Waktu pelaksanaan PRAKERIN di laksanakan pada tanggal 06 janwari  s/d 04 maret  2013     
      waktu kerja masuk 08.00 s/d 17.00 wib
       c. Apabila ada ketinggalan /terlambat masuk masuk akan di kenekan sanksi  yaitu memanggil
        orang  tua wali siswa tersebut  dan langsung di keluarkan dari PT tersebut 







BAB II


2.1 Sejarah perusahaan
                Pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun semakin meningkat begitu pula pola kehidupan pun di masyarakat terus meningkat, yang diikuti oleh perkembangan teknologi semakin maju tidak ketinggalan pula kemajuan, di dunia kendaraan bermotor  atau otomotif semakin berkembang dan perlu perawatan yang di signifikan mulai dari perawatan yang di anggap kecil sampai perbaikan besar ,
                Dengan melihat perkembangan di atas khusus nya di kawasan Labuan di bidang otomotif terasa semakin signifikan , majunya tetapi kurang di ikuti oleh kemajuan di bidang perawatan dan perbaikannya, maka FARREL MOTOR mendirikan perbaikan dan perawatan otomotif FARREL MOTOR mulai dirintis pada akhir 13 februari 2005.
2.2 Bidang usaha  
              FARREL MOTOR bergerak dibidang perbengkelan dan penjualan spare part.



2.3 Struktur Organisai

                                                       STRUKTUR BENGKEL
            BENGKEL MAJU JAYA MOTOR

LINAWATI HALIM

KEPALA BENGKEL

SEVICE ADVISTOR
ANA LESTARI

SPEARPART COUNTER
 


                                                                                                            





BAB III
Proses produk/jasa

Proses pengerjaan
Dalam proses pengerjaan kita perlu yang mengetahui yang di butuhkan ketika kita sedang mengerjakan , dan kerja sama yang paling di bituhkan dalam bekerja
1.       Pelepasan roda belakang motor revo pada hari  senin,06 januari 2013
a.       ALAT yang di butuhkan :
·         Kunci ring 19 mm
·         Kunci T 14 mm
·         Kunci T 10 mm
b.      Cara melepasnya :
·         Posisikan motor pada standar tengah /standar  (2)
·         Lepaskan mur as roda dengan menggunakan kunci ring 19 mm
·         Lepaskan mur panel dengan menggunakan kunci T 14 mm
·         Lepaskan tangkai rem dengan menggunakan kunci  T 14 mm
·         Lepas kan mur penyetel rem dengan menggunakan kunci  T  10 mm
·         Oleskan gemuk ke permukaan bearing
·         Dorong roda belakang ke depan lalu lepaskan rantai roda dan gear belakang
·         Tarik kea rah belakang dan lepaskan
2.       Ganti  oli motor balade  pada hari selasa ,07 januari 2013
a.       Bahan-bahan
·         Oli AHM oil MPXl sae low-30
b.      Alat yang di butuhkan
·         Kunci shock 17
·         Tang
·         Kompresor
·         Ember tempat oli
·         Corong






c.       Cara mengganti
·         Posisikan motor pada standar tengah/standar (2)
·         Buka baud oli dengan menggunakan kunci shock 17 mm
·         Tunggu oli sampai keluar (abis)
·         Buka tangkai pengukur oli dengan menggunakan tang
·         Semprot  oli denngan menggunakan kompresor
·         Pasang baud oli kembali dengan menggunakan kunci shock 17 mm
·         Tuangkan oli dengan menggunakan corong
·         Pasang kembali tangal pengukur oli dengan menggunakan tang
·         Panaskan mesin dan motor siap di pakai

3.       Membersihkan filter udara motor vario pada hari rabu 08 januari 2013
a.       Alat yang di butuhkan
·         Kunci T 10 mm
·         Obeng plus (+)
·         Kompresor

b.      Cara membuka dan membersihkannya
·         Posisikan motor pada standar tengah / standar (2)
·         Buka kedua baud dengan menggunakan kunci T 10 mm
·         Lepaskan filter udara dari sepeda motor
·         Buka ke empat baud filter udara dari sepeda motor dengan menggunakan obeng plus (+)
·         Buka filter udara dan bersihkan dengan menggunakan kompresor
·         Pasang kembali filter udara
·         Pasang keempat baud dengan menggunakan obeng plus (+)
·         Pasang kembali filter udara ketempat semula










4.       Mengganti bearing depan motor supra pada hari  kamis 09 januari 2013
a.       Bahan - bahan :
·         Bearing baru
·         Greas/gemuk
b.       Alat yang di butuhkan 
·         Kunci ring 17 mm
·         Palu
·         As
c.       Cara menggantinya :
·         Posisikan motor pada standard tengah /standar (2)
·         Lepaskan mur poros/as roda dengan menggunakan kuci ring 17 mm
·         Lepaskan as roda
·         Lepaskan roda depan dari sepeda motor
·         Lepaskan bearing yang mau dig anti dengan menggunakan as roda dan palu
·         Oleskan gemuk ke permukaan bearing
·         Pasangkan bearing baru dengan menggunakan palu
·         Pasang kembali roda dan as rodanya
·         Pasang kembali mur as roda dengan menggunakan kunci ring 17 mm
5.       Stel klep pada hari jum’at 10  januari 2013
a.       Alat yang di butuhkan
·         Kunci ring 17 mm
·         Kunci ring 9 mm
·         Kunci stelan klep
b.      Cara menyetelnya
·         Posisikan motor pada standar tengah /standar 2
·         Buka kedua tutup lubang penyetel klep dengan menggunakan kunvi ring 17 mm
·         Stel kedua klep dengan menggunakan kunci penyetel dan kunci ring 9 mm
·         Jika sudah tutup kembali kedua tutup lubang penyetel klep dengan menggunakan kunci  17 ring
·         Test








6.       Ganti kanvas rem motor pada hari  sabtu 11  januari 2013
a.       Bahan-bahan

·         Kanvas rem baru

b.      Alat yang di butuhkan
·         Kunci ring 17 mm
·         Kunci T 14 mm
c.       Cara menggantinya
·         Posisikan motor pada standar tengah/standar (2)
·         Buka mur poros/as roda dengan menggunakan kunci ring 17 mm
·         Lepaskan tangkai rem dengan menggunakan kunci T 14 mm
·         Lepaskan as roda
·         Lepaskan roda dari sepeda motor
·         Ganti kanvas rem dengan yang baru
·         Pasang kembali roda dan as roda ke sepeda motor
·         Pasang kembali tangkai rem dengan menggunakan kunci T 14 mm
·         Pasang mur as roda dengan menggunakan kunci ring 17 mm


7.       Ganti Rantai Pada Hari  Minggu 12  Januari 2013
a.       Bahan-bahan
·         Rantai baru
b.      Alat yang di gunakan
·         Tang
c.       Cara menggantinya
·         Posisikan sepeda motor pada standar tengah/standar (2)
·         Buka kancing rantai dengan menggunakan tang
·         Lepaskan rantai pada sepeda motor
·         Pasang rantai baru
·         Pasang kancing rantai baru dengan menggunakan tang
·         Dan motor siap di pakai kembali







BAB IV
PENUTUP


4.1. kesmpulan
Dalam kegiatan praktek kerja industri (prakerin) ini penulis menyelesaikan sebuah laporan tidak akan lepas dari segala kekurangan dan tidak terlepas dari suatu tanggung jawab terhadap laporan ini salah satu syarat guna menyelesaikan pendidikan akhir di sebuah lembaga pendidikan smk walisongo menes pandeglang.
Penulis akhirnya menarik kesimpulan dari praktek kerja lapangan ini terdiri dari penulis mendapatkan berbagai pengalaman dan ilmu dari psg maupun dari apa yang telah dipelajari dari sekolah.
Oleh karna itu praktek kerja industry (prakerin) adalah salah satu bentuk yang harus di jalankan di setiap lembaga pendidikan khususnya di sekolah menengah kejuruan (smk), karena banyak mendapatkan wawasan dan membuat siwa-siswi bias mandiri kelak setetlah keluar dari sekolah.
4.2. saran-saran
a. dalam praktek kerja industri (prakerin) dating penulis berharap bahwa seluruh siswa-siswi yang mau melaksanakan praktek kerja industri (prakerin) terlebih dahulu di bekali oleh setiap sekolah yang berkaitan dengan apa yang di pelajari nanti.
b.semoga laporan ini dapat di gunakan sebagai mana mestinya untuk adik-adik nanti dan sebagai penambah khasanah perpustakaan smk walisongo menes pandeglang.
c.tidak ada gading yang retak, dalam penyusun laporan ini penulis dapat merasa banyak kekurangan maka penulis sangat berharap kritik dan saran dari pembaca ataupun dari pihak lainya. 



 semogha bermanfaat yha sob :) 
                                                                                        ex : netc wzm satoe_sembilansembilan

http://bonetxtm.blogspot.com/feeds/posts/default

http://jahrudi.blogspot.com/